ANBK Online 2022 SMA Surya Buana Malang

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Pelajaran 2022/2023 SMA Surya Buana Malang dilaksanakan pada Senin-Selasa, 29-30 Agustus 2022 dengan peserta kelas XI.

Tidak semua siswa kelas XI menjadi peserta dalam ANBK, seleksi peserta ini ditentukan langsung kemendikbud pusat, namun bagi siswa yang tidak masuk dalam peserta ANBK tidak berpengaruh pada kelulusan, karena penilaian dalam ANBK ini sebagai penialain (raport) sekolah, bukan perindividu siswa. Tidak hanya siswa, bapak, ibu guru dan kepala sekolah juga mengikuti ANBK yang sebelumnya sudah dilaksanakan mulai 1-10 Agustus 2022.

ANBK merupakan kegiatan rutin yang selenggerakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sebagai ganti dari Ujian Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Pada pelaksanaanya, Asesmen Nasional ini terdiri dari tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Lingkungan, dan Survey Karakter.

Khusus kegiatan ANBK 2022 ada sistem pengawas silang, dimana setiap sekolah akan diawasi oleh guru dari sekolah lain. SMA Surya Buana Malang pengawas dari SMA Brawijaya Smart School, Bu Endah Safitri,S.Pd. Sedangkan guru dari SMA Surya Buana Malang menjadi pengawas di SMA Brawijaya Smart School Malang.

Manfaat dari adanya pengawas silang, pelaksanaan ANBK akan lebih terasa khidmat, sekaligus sebagai wahana shilaturohim antar guru dan sekolah. “saya baru tahu SMA Surya Buana Malang, biasanya hanya lewat dan belum tahu didalamnya, kegiatanya dan kebiasaan yang dilakukan siswa di lingkungan SMA Surya Buana Malang, terutama kegiatan pagi, ada mengaji, tahfidz, sholat dhuha dan kegiatan-kegiatan lain”, terang bu Endah.

Pak Fadhlur, selaku ketua Pelaksana ANBK SMA Surya Buana Malang berharap, “Semoga ANBK tahun ini berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun, mengingat SMA Surya Buana Malang memilih ANBK Online, ini artinya server langsung terhubung dengan pusat sehingga kendala-kendala pelaksanaanya lebih pada hal-hal teknis dari kemendikbud pusat”.

Leave a comment

Butuh Bantuan? Segera Hubungi