FGD SMA Se-Jawa Timur : SMA Surya Buana Malang Komitmen Berinovasi dan Berprestasi

Forum Grup Diskusi (FGD) Permasalahan-Permasalahan Sekolah Swasta di Jawa Timur digelar di Sabha Nugraha Aula Kantor Dinas Pendidikan Jawa Timur (19/1/2023).

Forum Diskusi yang dihadiri seluruh sekolah swasta Kabupaten/Kota di Jawa Timur berlangsung selama 2 (dua) hari, 18-19 Januri 2023 dengan pelaksanaan dibuat 2 (dua) sesi, Kota Malang masuk dalam sesi 1 (satu).

Dokumen Penting : FGD Sekolah Swasta Sesi 2 Se Jawa Timur (19/1/2023)

Dra. Ety Prawesti, M.Si. Kabid SMA Dinas Pendidikan Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan, “sekolah harus bisa melakukan terobosan dan inovasi dan sampaikan kepada masyarakat inovasi-inovasi yang sudah dilakukan”.

“Inovasi yang dilakukan tidak harus dengan biaya yang besar, hal yang sudah biasa bisa dilakukan, termasuk penumbuhan karakter yang lebih menyentuh dengan kehidupan sehari-hari siswa akan mampu menambah minat masyarakat, penumbuhan karakter siswa dari hal yang kecil dan sederhana”. Tegas Ety, orang nomor saty dilingkungan SMA di Jawa Timur.

Zain Fuad Kepala SMA Surya Buana Malang, sebagai bagian dari sekolah swasta di Jawa Timur merespon apa yang disampaikan bu Ety selaku Kabid SMA Provinsi Jawa Timur, “SMA Surya Buana Malang akan selalu berupaya untuk melakukan inovasi-inovasi kegiatan sekolah yang disesuaikan dengan Visi dan Misi Lembaga yang terangkum dalam Moto SMA, Religius-Caring-Disiplin”.

Kegiatan Religius di SMA Surya Buana selain ada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sudah di tentukan Kemendikbud (Pemerintah), di SMA Surya Buana melakukan Inovasi dengan menambahkan pelajaran tambahan yang bernafaskan nilai-nilai agama Islam. Diantaranya, Motivasi Akhlak Pagi (MAP), Program Takhosus-Reguler Tahfiz, Kultum, Kajian Ta’limul Muta’allim, Sarisa (sharing Satu Ayat) dan Petuah.

Inovasi dalam pelayanan siswa dan orang tua, yang dilakukan di SMA Surya Buana khususnya dalam penanganan siswa-siswi yang tidak sesuai tata tertib sekolah dengan pendekatan “caring”.

Pendekatan “Caring” merupakan pendekatan pemecahan permasalahan yang dilakukan secara kekeluargaan, menumbuhkan nilai-nilai pembelajaran pelaksanaan konsekuensi dan kepedulian.

Dalam kedisiplinan, SMA Surya Buana Malang berusaha dengan Istiqomah membiasakan budaya disiplin. Diantaranya kehadiran civitas akademika (guru, karyawan dan siswa).

Sejak awal masuk, bapak dan ibu menyambut siswa-siswi serta melakukan pengecekan siswa-siswi pada orang tua yang belum masuk oleh guru BK serta tim piket Distatib pagi.

Bentuk perhatian dan kerjasama antara sekolah dengan orang tua dalam hal kedisiplinan siswa-siswi, termasuk kedisiplinan bapak, ibu guru dan karyawan menjadi komitmen bersama memajukan SMA Surya Buana Malang.

Semoga dengan 3 (tiga) moto perjuangan di lingkungan SMA Surya Buana menjadi awal menuju sekolah yang senantiasa berinovasi dan berprestasi sesuai harapan Kabid SMA Dinas Pendidikan Jawa Timur, jumlah peminat masyarakat menyekolahkan di SMA Surya Buana dan prestasi akademik-non akademik siswa-siswi semakin meningkat.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Sholat Berjamaah Ciri Khas SMA S...
Yang dimaksud dengan sholat berjamaah yaitu sholat yang dilaku...
Nafas Islami SMA Surya Buana
SMA Surya Buana sangat identik dengan agama Islam. Sekolah ini...
FGD SMA Se-Jawa Timur : SMA Sury...
Forum Grup Diskusi (FGD) Permasalahan-Permasalahan Sekolah Swa...
Keunggulan Membaca Al-Qur’an dar...
Keistimewaan Al-Qur’an selain karena mukijizat Rasulullah SAW....
Sekolah Inovasi: Kuliah Tamu dan...
"Mengelola lembaga pendidikan harus serius, optimalkan seluruh...
SEMASA : Kegiatan Kolaboratif SM...
Inovation Session bersama Pelajar Unimap Malaysia Mengawali s...

Hubungi kami di : 081332047272

Kirim email ke kamiriizhall29@gmail.com