At-Tibyan : Keutamaan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an (1)

Bab pertama Kitab At-Tibyan Fi Adaabi Hamalatil Qur’an (At-Tibyan) Imam An-Nawawi menguraikan tentang Keutamaan membaca dan menghafal Al-Qur’an. 

Allah Swt. berfirman dalam Qur’an Surat Fathir ayat 29-30,

.إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَٰرَةً لَّن تَبُورَ. لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِۦٓ ۚ إِنَّهُۥ غَفُورٌ شَكُورٌ

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian dari Rizki yang kami anugrahkan dari rizki yang kami anugrahkan kepada mereka , dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungghnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensykuri“. (QS. 35 Faathir :29-30). 

Maksud ayat tersebut sebagaimana dalam Tafsir Kemenag RI, Allah menyebutkan sebagian tanda orang yang takut kepada-Nya. Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, yakni Al-Qur’an, lalu mereka mengkaji dan mengamalkan kandungannya, dan melaksanakan salat dengan sempurna syarat dan rukunnya, dan menginfakkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada-Nya dengan diam-diam dan terang-terangan, baik dalam keadaan lapang maupun sempit, mereka itu mengharapkan perdagangan dengan Allah yang tidak akan pernah rugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah maha pengampun segala khilaf dan dosa, maha mensyukuri, yakni memberi pahala atas perbuatan baik hamba-Nya, memaafkan kesalahannya, menambah nikmat-Nya, dan sebagainya. 

Kajian Kitab At-Tibyan SMA Surya Buana Malang

Usai memberi janji pahala yang sempurna bagi orang-orang yang selalu membaca dan mengamalkan Al-Qur’an, Allah lalu menyusuli-Nya dengan penegasan bahwa Al-Qur’an itu adalah benar-benar wahyu dari Allah. Dan apa yang telah kami wahyukan kepadamu, wahai nabi Muhammad, yaitu kitab Al-Qur’an, itulah yang benar; tidak ada sedikit pun kebatilan dan keraguan di dalamnya; ia juga membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya bahwa kitab-kitab itu berasal dari Allah. Sungguh, Allah benar-benar maha mengetahui, maha melihat keadaan hamba-hamba-Nya.

Keutamaan membaca Al-Qur’an sebagaimana dalam ayat tersebut adalah Allah swt akan memberikan pahal bagi siapa saja membacanya, mengkaji dan mengamalkan kandunganya. diantara isi kandungan Al-Qur’an adanya perintah melaksanakan sholat dan infaq.

Wujud dari pengamalan isi kandungan Al-Qur’an adalah melaksanakan sholat dengan sungguh-sungguh sesuai dengan syarat dan rukunnya sholat. selain itu menginfaqkan sebagian rizki yang Allah swt anugrahkan, baik diinfaqkan secara terang-terangan mapun sembunyi-sembunyi dengan niat mengadakan perniagaan dengan Allah semata (Ridlo)), maka Allah akan memberikan anugrah pahala yang tidak terbatas (sempurna), dan Allah akan mengampuni semua dosa-dosanya.

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Abu Abdillah bin Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim Al-Bukhory dari Sayyidina Utsman bin Affan Ra. Rasulillah saw bersabda :

عن عثمانَ بن عفانَ رضيَ اللَّه عنهُ قال : قالَ رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « خَيركُم مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعلَّمهُ »  رواه البخاري

Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkanya“.

Melalui Hadits ini, para ulama menyampaikan tentang kemulyaan orang-orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkanya.

Mempelajari Al-Qur’an meliputi banyak hal; Ilmu Al-Qur’an, tafsir, tajwid dan masih banyak lagi cabang-cabang ilmu dalam mempelajari Al-Qur’an, namun diantara semua cabang ilmu yang sudah dipahami, maka akan mendapatkan keutamaan lebih jika ilmu di ajarkan kepada orang lain.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Sholat Berjamaah Ciri Khas SMA S...
Yang dimaksud dengan sholat berjamaah yaitu sholat yang dilaku...
Nafas Islami SMA Surya Buana
SMA Surya Buana sangat identik dengan agama Islam. Sekolah ini...
FGD SMA Se-Jawa Timur : SMA Sury...
Forum Grup Diskusi (FGD) Permasalahan-Permasalahan Sekolah Swa...
Keunggulan Membaca Al-Qur’an dar...
Keistimewaan Al-Qur’an selain karena mukijizat Rasulullah SAW....
Sekolah Inovasi: Kuliah Tamu dan...
"Mengelola lembaga pendidikan harus serius, optimalkan seluruh...
SEMASA : Kegiatan Kolaboratif SM...
Inovation Session bersama Pelajar Unimap Malaysia Mengawali s...

Hubungi kami di : 081332047272

Kirim email ke kamiriizhall29@gmail.com