Aktifitas Penuh Manfaat, Study Visual di WESB

Study Visual 3 di WESB Kota Batu

Study Visual SMA Surya Buana Malang ke-3 dilaksanakan di Wisata Edukasi Susu Batu (WESB) Jumat (11/11/2022) dengan pembelajaran teintegrasi mata pelajaran Bahasa Inggris, Eknomi, Biologi dan PKWU.

Kegiatan outing class ini diawali dengan Ibadah pagi, kegiatan rutin di SMA Surya Buana Malang yakni Sholat Dhuha, Kuliah Tujuh Menit (Kultum) dan pesan-pesan oleh kepala Sekolah, Ahmad Zain Fuad S.Si.,S.Pd.M.Pd. dan Mr Khoirul Anwar,S.Pd. selaku ketua pelaksana.

Dokumen Study Visual : Proses Pasteurisasi Susu Murni

Para siswa dan bapak ibu guru menuju lokasi Study Visual pada pukul 08.15 dengan menggunakan armada angkutan kota (angkot) dan Mobil sekolah, penggunaan angkot ini merupakan bagian dari pembelajaran bagi siswa agar lebih beremphaty pada orang lain dan dalam rangka pemberdayaan, karena saat ini angkot sudah mulai sepi peminat mengingat sudah banyak moda transportasi lain.

Sampai di lokasi, para siswa belajar pengolahan susu sapi dipabrik dan rumah pengolahan susu yang langsung diambil dari kandang sapi perah. dilanjutkan dengan proses pemanfaatan susu sapi untuk pembuatan Ice Cream dan Proses Pasteurisasi susu.

Tidak hanya melihat, para siswa juga diberikan kesempatan untuk praktek secara langsung dengan memerah susu sapi dikandang dan menyaksikan secara langsung penjelasan dari pengelola WESB tentang pemanfaat susu sapi sehingga olahan yang siap diproduksi dan dijual.

Dokumen Study Visual 3 : Praktek memerah susu sapi

Mengingat kegiatan dilaksanakan pada hari Jum’at, para siswa istirahat dan melaksanakan sholat dilokasi kegiatan dengan Imam, Bahrul Ulum dan Khotib, Almer siswa SMA Surya Buana Malang kelas XI.

Setelah Istirahat siswa-siswi membuat resume dengan mengisi tugas yang sudah disiapkan oleh bapak dan ibu guru dalam aplikasi HP. siswa-siswi langsung mengerjakan di lokasi dan dilanjut dengan reflekasi sekaligus penguatan materi selama kegiatan study visual. 

Diakhir kegiatan, kepala sekolah dan pengelola saling bertukar cinderamata baik dari pengelola WESB kepada SMA Surya Buana Malang maupun dari SMA Surya Buana kepada penglola WESB kemudian ditutup dengan foto bersama sebagai pertanda bahwa kegiatan-kegiatan sudah diakhiri dengan penuh khidmat dan penuh manfaat.

Leave a comment

Butuh Bantuan? Segera Hubungi