Sosialisasai “Olahraga Permainan Bola Kecil Cricket” oleh Atlet Cricket Kota Malang dan Mahasiswa Universitas Negeri Malang di SMA Surya Buana

Cricket merupakan cabang olahraga permainan yang dilakukan oleh sebelas pemain dalam satu tim. Cricket termasuk dalam cabang olahraga permainan bola kecil.

Cricket sendiri berasal dari Inggris, dan olahraga ini populer di beberapa negara Asia Selatan, misalnya India, Pakistan, dan Sri Lanka. Olahraga cricket masuk ke Indonesia sekiar tahun 1880-an. Namun, baru pada tahun 2016 cabang olahraga cricket mulai dipertandingkan di pekan olahraga nasional (PON).

Olahraga ini seolah terdengar masih baru, menyikapi hal ini pihak sekolah SMA Surya Buana melakukan kerja sama dengan pihak Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang untuk melakukan sosialisasi olahraga cricket bagi pelajar SMA Surya Buana Malang pada Selasa (13/09/2022).

Tujuan utama yang ditekankan dalam sosialisasi ini yaitu untuk mengenal dasar permainan olahraga cricket seperti aturan permainan, peran pemain, bentuk lapangan, teknik permainan dan peralatan pada olahraga cricket.

Sosialisasi disampaikan oleh atlet sekaligus mahasiswa jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga dalam aktivitas pembelajaran langsung di lapangan sekolah. Dijelaskan dan dipraktekkan juga bagaimana cara melempar, menangkap dan memukul bola dengan teknik yang benar, pengenalan peralatan, dan juga aturan permainan cricket.

Sosialisasi yang telah selesai dilaksanakan ini harapannya berdampak besar dari berbagai pihak, bagi siswa SMA Surya Buana setidaknya tahu olahraga cricket itu sendiri, munculnya bibit-bibit baru atlet cricket dan juga berharap agar olahraga cricket ini lebih dikenal luas dikalangan murid dan masyarakat.

Penulis             : Rizki Febri (Mahasiswa Asistensi Mengajar UM)

Editor              : Eboy Rizal (Waka Kesiswaan)

Leave a comment

Butuh Bantuan? Segera Hubungi