STUDY VISUAL I : “Back To Nature and Back To Advanture”

Study Visual I di Area Wisata Bedengan Dau Kabupaten Malang

Study Visual merupakan salah satu program kerja yang telah dilaksanakan bertahun tahun di SMA Surya Buana Malang sekaligus menjadi salah satu andalannya.

Kolaborasi antar mapel satu dengan mapel yang lainnya adalah ciri khas dari program kerja ini. Tahun ini, SMA Surya Buana Malang mencoba menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), maka study visual ini menjadi program yang sangat mendukung dan cocok dengan IKM. Study visual dengan tema “Back to Nature and Back Advanture” merupakan kegiatan andalan pertama di semester ganjil tahun ajaran baru 2022/2023.

Study visual pertama terlaksana dengan kolaborasi mapel PJOK, PAI (Pendidikan Agama Islam), Geografi, dan Fisika. Tempatnya pun khas akan suasana alam yang berlokasi di Bumi Perkemahan Bedengan, Dau Kab. Malang.

Latar belakang dipilihnya lokasi ini karena memiliki keseuaian dengan mapel Geografi, serta menjadi tadabur alam melalui mapel PAI dengan menikmati dan mensyukuri keindahan alam dari ciptaan Allah SWT.

Bagaimana dengan mapel PJOK dan Fisika? Jawabannya yakni dengan berjalan dan bermain yang termasuk bagian dari mapel PJOK, sedangkan Fisika yaitu dengan menghitung kecepatan aliran dan debit air sungai di Bedengan.

Para siswa sedang melaksanakan pembelajaran langsung di alam

Belajar memang tidak harus di dalam ruangan, SMA Surya Buana juga sering memanfaatkan tempat di luar kelas sebagai sarana belajar bagi peserta didiknya.

Study visual pertama ini sangat menyenangkan, menenangkan, dan tidak membosankan. Karena memang semua peserta didik serta Bapak Ibu guru turut  berperan aktif dalam kegiatan study visual ini, begitu juga sangat menikmati belajar di alam bebas. Belajar dengan rasa yang senang memberikan dampak positif kepada peserta didik dan mudah dimengerti oleh mereka.

Leave a comment

Butuh Bantuan? Segera Hubungi