Apel Bulanan, Media Penanaman Nilai-Nilai Patriotisme dan Cinta Tanah Air

Apel Bulanan  SMA Surya Buana Malang, Senin, 1 Agustus 2022

Penanaman nilai patriotisme pada generasi muda diera serba digital, dimana dunia semakin tidak berjarak dan mengglobal tanpa sekat wilayah negera (nation) menjadi tantangan tersendiri bagi setiap lembaga pendidikan dalam merawat nilai-nilai cinta tanah air.

Apel pagi, menjadi salah satu alternatif penanaman nilai cinta tanah air selain pelaksanaan upacara hari senin. Tidak setiap sekolah bisa melaksanakan upacara bendera hari senin, paling tidak sekolah harus memiliki komitmen memberikan waktu khusus penanaman karakter patriostisme dan cinta tanah air, minimal 1 (satu) bulan sekali berupa kegiatan apel. Apel menjadi alternatif bagi sekolah yang memiliki lahan dan infrastruktur yang kurang memadai dalam melaksanakan upaca bendera.

Selain bermanfaat untuk menanamkan nilai patriotisme, dengan apel bulanan sekolah juga bisa menyampaikan program-program dan pengumuman penting pada civitas akademika sekolah. Termasuk pemberian penghargaan pada siswa, karyawan dan guru yang berprestasi.

Bulan agustus merupakan bulan pemberian apresiasi pada para pahlawan di negeri ini. Termasuk di SMA Surya Buana Malang, pelaksanaan apel di bulan ini mengangkat tema “Guruku Pahlawanku”, kepala sekolah memberikan apresiasi (penghargaan) kepada guru-guru teladan yang telah menorehkan prestasinya dalam bidang kedisiplinan.

“Guru adalah pejuang sejati di era saat ini, peran guru sangatlah strategis dalam merawat ruh nilai-nilai kemerdekaan, persatuan dan keutuhan bangsa”, ujar Zain Fuad.

Penganugrahan Guru Teladan

Zain Fuad selaku kepala sekolah menambahkan, “SMA Surya Buana Malang berkomitmen memberikan penghargaan kepada guru dan karyawan yang telah sepenuh hati mengabdikan dirinya demi terbentuknya pribadi generasi bangsa yang berakhlaq mulia dengan memberikan tauladan pada peserta didik melalui kedisiplinan dalam menjalankan tugas sebagai pendidik”.

Melalui rapat internal kepala sekolah dan Wakil Kepala dari hasil monitoring dan supervisi guru, Guru Teladan pada tahun ini diraih oleh bapak Amanda Widyawardana,S.Pd. (guru geografi) dan ibu Syarifah Aisyiah,S.Sos. (Guru BK), semoga beliau berdua senantiasa konsisten dalam memberikan ketauladanan bagi seluruh civitas akademika di SMA Surya Buana Malang dan memberikan pengaruh kebaikan bagi semua,Amiin.

Leave a comment

Butuh Bantuan? Segera Hubungi