Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Tahun Ajaran 2022/2023 SMA Surya Buana Malang

Workshop persiapan Tahun Pelajaran Baru, Tahun 2022/2023 dan menyambut Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMA Surya Buana Malang telah dilaksanakan selama 5 hari, mulai Senin-Jumah, 11- 15 Juli 2022 dengan berbagai kegiatan yang bertempat di SMA Surya Buana Malang, SMA Al-Hikmah Boarding dan di Cafe Jamblang. 

Foto Istimewa : Workshop Persiapan IKM dan Tahun Ajaran baru 2022/2023

Kegiatan Workshop dibuat dengan berbagai kreasi kegiatan menyesuaikan dengan tema, yakni menyambut IKM 2022. Maka butuh banyak sumber belajar agar apa yang didapatkan menghasilkan pengalaman lebih, dan kedepanya akan di mantapkan dalam mengimplementasikanya. 

Tidak hanya fokus pada implementasi kurikulum baru, program-program integrasi berupa project kegiatan perlu dimatangkan dengan melihat secara ril program kegiatan yang selama ini sudah dikerjakan dibandingkan dengan keadaan dilapangan, berwirausaha misalnya. maka perlu pertimbangan lebih matang agar para siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik dan bapak-ibu guru bisa dengan aktif mendampingi serta membina siswa. 

Selain kegiatan perencanaan project integratif untuk siswa, bapak dan ibu guru juga merumuskan program kegiatan dari tim kesiswaan dan tim kurikulum. 

Foto Istimewa : Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di Al-Hikmah Boarding School Batu

Kegiatan direncanakan sedemikian rupa dengan dilengkapi waktu pelaksanaan, penanggungjawab serta Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan. Dengan adanya SOP ini diharapkan setiap program yang sudah direncanakan dengan mudah dievaluasi dan diperbaiki agar selalu terjadi peningkatan mutu pelaksanaan. 

Setelah membahas dan menyusun SOP, bapak-ibu guru merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penyusunan dan pembuatan RPP merupakan kegiatan wajib bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran di kelas nanti, agar lebih siap dan matang dalam pelaksanaan maka sejak dini sudah di persiapkan. 

Workshop Guru dan Karyawan SMA Surya Buana Malang juga ada kegiatan khusus, yakni pemaparan Kode Etik Guru-Karyawan, semua civitas akademika wajib tahu apa saja hal-hal yang perlu dikerjakan dan larangan untuk dilaksanakan, semua patuh dengan penuh kesadaran melaksanakan kode etik yang dirumuskan bersama-sama. 

Brainstorming Program IKM Cafe Jamblang Batu

Hari terakhir workshop diakhiri dengan pembahasan khusus persiapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru dan siswa lama oleh tim kesiswaan. 

Siswa baru dikenalkan lebih detail hal ihwal di SMA Surya Buana, sedangkan siswa lama mereview kembali program yang terlaksana dan pemaparan program-program yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran yang akan datang. 

Leave a comment

Butuh Bantuan? Segera Hubungi