INTEGRASI MATA PELAJARAN DALAM STUDI VISUAL

    Integrasi mata pelajaran adalah peleburan atau pengabungan berbagai konsep dalam setiap mata pelajaran kedalam satu kegiatan. kegiatan tersebut sebagai media untuk penyampaian materi kepada siswa dalam bentuk studi visual. Kegiatan tersebut dilakukan dengan mengajak siswa langsung ke tempat yang memiliki hubungan dengan mata pelajaran terkait.

  Mengawali semester genap Tahun Pelajaran 2021-2022 SMA Surya Buana Malang melaksanakan kegiatan Studi Visual pada tanggal 18 Januari 2021 di BBIB (Balai Besar Inseminasi Buatan) Singosari Kab. Malang dan Candi Sumberawan yang juga terletak di Singosari Malang. Mata pelajaran yang diintegrasikan adalah Biologi, Geografi dan Bahasa Inggris. Akomodasi yang dipakai adalah mobil sekolah dan angkutan kota dari sekolah menuju tempat tujuan. Setelah briefing dan sholat dhuha, siswa-siswi diberi lembar kerja yang harus dikerjakan selama mengikuti kegiatan. Bapak, Ibu guru beserta siswa-siswi mulai berangkat pukul 07.00.

    Setelah sampai di lokasi BBIB Singosari siswa-siswi disambut tuan rumah dengan ramah dan diarahkan ke auditorium untuk mengikuti pemaparan materi serta presentasi Profil dan lingkungan BBIB agar mengenal lebih mendalam lembaga yang bergerak di bidang teknologi peternakan tersebut. Pada sesi ke-2 (dua) siswa dan pendamping diajak berkeliling balai untuk melihat peternakan dan dijelaskan oleh narasumber berbagai jenis sapi dan asal daerah serta negaranya. selain itu, Pemandu juga memberikan pengetahuan terkait pengambilan bibit sapi atau semen yang unggul agar bisa di “produksi” dan diperjual belikan sesuai permintaan pasar.

     Kegiatan di BBIB Singosasi ditutup dengan closing ceremony dan penyerahan cinderamata. siswa-siswi diberi waktu untuk istirahat makan siang dan sholat dhuhur berjama’ah di masjid.
    Setelah selesai kegiatan di BBIB Singosari siswa-siswi SMA Surya Buana dan pendamping menuju lokasi ke dua yaitu di Candi Surmberawan Singosari Malang. Candi tersebut terletak tidak jauh dari BBIB Singosari yaitu masih di sekitar kaki Gunung Arjuno. 

    Untuk kegiatan di Candi Sumberawan siswa-siswi diajak untuk tadabur alam, mengenal budaya (lingkungan) sekitar, permaian dan membuat reels Instagram . Siswa diminta berhati-hati karena kondisi jalan setapak yang licin dan basah. Kegiatan hanya berlangsung satu jam karena kendala hujan deras dan siswa-siswi pun harus berteduh. Waktu menunjukan adzan ashar siswa-siswi pun kembali ke kendaraan dan pulang menuju sekolah untuk sholat jemaah dan penutupan dari guru pelaksana studi visual. Semoga kegiatan tersebut membawa manfaat dan menambah pengetahuan bagi siswa-siswi.

 

1 comment

Leave a comment

Butuh Bantuan? Segera Hubungi